Seluruh tubuh wanita adalah aurat bagi laki-laki yang bukan mahramnya. Ini tentunya sudah jelas. Adapun batasan aurat sesama wanita adalah dari pusar hingga lutut, sebenarnya hal itu berlaku dalam kondisi khusus. Yaitu jika ia berada di rumahnya di tengah-tengah saudara-saudara wanita dan karib kerabat wanitanya. Sedangkan pada dasarnya ia wajib menutup seluruh tubuhnya agar para wanita lainnya tidak mengikuti dan melakukan kebiasaan membuka aurat tersebut. Begitu pula ia wajib menutup anggota-angota tubuh yang menarik di hadapan mahramnya dan wanita-wanita selain keluarganya, agar tidak menjadi bahan pembicaraan disebabkan mereka itu menceritakan bentuk tubuhnya kepada orang lain. Rasulullah Saw bersabda:

“Janganlah seorang wanita menceritakan seluk beluk wanita lain di hadapan suaminya hingga seolah-olah suaminya itu melihat dengan mata kepala.”

Maksudnya jika ia menampakkan anggota tubuh yang menarik seperti dada, lengan, perut, punggung, bahu, leher dan betisnya maka siapa saja yang melihat pasti akan terlintas dalam pikirannya hal itu. Biasanya kaum wanita suka menceritakan apa yang mereka lihat dari wanita lain kepada keluarga mereka yang laki-laki atau perempuan. Hal itu tentu saja berbahaya. Oleh sebab itu ia wajib menutup anggota-anggota tubuh yang menarik seperti yang disebutkan di atas meskipun di hadapan mahram dan kaum wanita. Lebih-lebih di tengah keramaian, tempat-tempat pesta, resepsi, rumah sakit, atau sekolah meskipun di sekelilingnya kaum wanita. Kadang kala tanpa sengaja pandangan kaum pria dan remaja usia puber tertumbuk pada mereka. Rasulullah Saw bersabda:

“Dua kelompok manusia yang termasuk penghuni neraka. Salah satunya: Wanita-wanita yang berbusana tapi pada hakikatnya telanjang, berjalan berlenggak-lenggok menarik perhatian manusia, kepala mereka laksana punuk unta, mereka tidak masuk surga bahkan tidak mencium aromanya.”

Makna dari berbusana tetapi telanjang adalah memakai busana yang transparan dan sempit hingga membentuk lekuk tubuh mereka dan terdapat celah yang menampakkan dada dan payudara serta anggota tubuh yang menarik. Wallahu a’lam ………

About these ads