Masih kita temukan, seorang guru agama atau TPA yang bertanya kepada anak didiknya, “Ada berapa jumlah malaikat?” Kemudian anak didiknya pun menjawab serentak dengan yakin, “Sepuluh….!” Dan sang guru dengan tenangnya manggut-manggut membenarkan. Jika ada yang menjawab “nggak tahu”, maka malah inilah yang benar. Jumlah malaikat seluruhnya hanya Allahlah yang mengetahuinya, dan tidak ada dalil yang menyebutkan hal itu. Sepuluh malaikat yang sering disebutkan itu hanyalah malaikat yang diketahui namanya dan tugasnya secara spesifik berdasarkan dalil-dalil dari Al-Quran dan Hadits.

Bagaimana anda bisa yakin bahwa jumlah malaikat itu ada 10 jika malaikat penjaga neraka Saqor saja ada 19?

“Taukah kamu apa neraka Saqor itu? Saqor itu tidak meninggalkan dan tidak pula membiarkan. Saqor adalah pembakar kulit manusia. Di atasnya ada 19 (malaikat penjaga). Dan tiada kami jadikan penjaga itu melainkan seorang malaikat.” (Al-Mudatsir: 28)

Lagian, ketika perang badar Allah menurunkan 1000 malaikat.

“Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kalian 1000 malaikat yang dating berturut-turut.” (Al-Anfal:9)

Malahan Rasulullah Saw memberitakan bahwa di langit ada Al-Baitul Ma’mur yang setiap harinya dimasuki 70 ribu malaikat, setelah mereka keluar darinya, tidak kembali lagi. Beliau bersabda: “Sesungguhnya Al-Baitul Ma’mur (Rumah di langit ke tujuh yang dikelilingi malaikat) dalam setiap hari dimasuki tujuh puluh ribu malaikat dan mereka tidak keluar daripadanya.” (HR Bukhari dan Muslim). Nah, malah lebih banyak
kan?

Jika pertanyaan di atas diganti menjadi “Ada berapa jumlah malaikat yang kita ketahui jumlah dan tugasnya?” maka jawaban “Sepuluh..!” bisa menjadi benar. Namun untuk jumlah seluruh malaikat di alam semesta ini hanya Allah-lah yang mengetahuinya.

 

Nama malaikat pencabut nyawa

Sekedar tambahan, hampir semua muslim jika ditanya “Siapakah nama malaikat pencabut nyawa?” mereka akan menjawab dengan serentak “Izrail!!!” dan yang bertanya pun biasanya membenarkan saja.

Sayangnya nama Izrail sebagai malaikat pencabut nyawa itu tidak pernah disebutkan dalam Al-Quran dan Hadits yang shahih. Malaikat pencabut nyawa dalam Al-Quran dan Hadits diberi nama Malaikat Maut. Allah Ta’ala berfirman:

“Katakanlah, malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa) kalian akan mematikan kalian.” (As-Sajdah: 11)

Lho, lalu darimana nama Izrail itu dicomot untuk identitas malaikat pencabut nyawa? Syaikh Al-Albani seorang ulama hadits, mengatakan bahwa nama Izrail berasal dari hadits-hasits Israiliyat (hadits yang berasal dari ahli kitab yang diragukan kebenarannya).

Begitulah kenyataan dan kebenarannya. Kanyataan yang adalah masih baynak kaum muslimin yang belum betul dalam beriman kepad malaikat Allah Ta’ala. Sedangkan apa yang mereka yakini jauh dari kebenaran yang terdapat dalam Al-Quran dan As-Sunnah.

Wallahu a’lam bishshawab………

About these ads