Berikut ini saya copy dari kultwitnya Akmal Sjafril (lagi-lagi) tentang JIL (Jaringan Islam Liberal) pada hari Selasa, 08 Maret 2011 tanpa ada yg ditambah maupun dikurangi. Mohon dibaca sampai baris akhir baru komentar ūüôā

01. Menyambut ultah JIL, ada baiknya kita membahasnya sedikit. Semacam napak tilas sejauh apa perkembangannya. #Islib

02. Jati diri JIL sebenarnya bisa kita lihat pada situsnya http://bit.ly/ePnfGJ. Informasi ini tidak ditutup2i. #Islib

03. Di link tsb, kita bisa melihat enam landasan dr apa yg mrk sebut sbg ‘Islam liberal’.¬†#Islib

04. Landasan pertama adalah membuka pintu ijtihad pd semua dimensi Islam. #Islib

05. Kata “semua” dlm landasan pertama mmg benar2 ada. Jd bagi Islam liberal, tidak ada yg final dlm Islam.¬†#Islib

06. Ini bertentangan dgn artikel di blog @ulil http://bit.ly/dketRK, dimana Ulil mengatakan bhw tdk semua blh diubah. #Islib

07. Dlm artikel tsb, @ulil memberi kesan bhw Islam liberal tdk mencoba mengubah2 hal yg sdh pasti dlm Islam. #Islib

08. Bagaimanapun, kata “semua” dlm landasan pertama Islam liberal, sesuai rumusan JIL, benar2 ada.¬†#Islib

09. Landasan kedua adalah mengutamakan semangat religio etik, bukan makna literal teks. #Islib

10. Dari sini kita melihat pelaksanaan langsung dr landasan pertama, yaitu pengaburan sistem nilai.#Islib

11. Apa makna semangat religio etik? Apa batas2nya? Bagaimana mengaplikasikannya? Tidak ada batasan pasti. #Islib

12. Sebaliknya, hal yg sudah pasti (yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah, yg mrk sebut “teks”) justru diabaikan.¬†#Islib

13. Dgn demikian, kita bisa katakan bhw Islam liberal memang membenci keyakinan dan mencintai ketidakpastian. #Islib

14. Ini mengingatkan kita pd QS 2:2, dimana secara tegas dipastikan bhw TIDAK ADA KERAGUAN thd Al-Qur’an.¬†#Islib

15. Hal tsb sangat kontras dgn kebatilan dan kekufuran yg selalu diasosiasikan dgn keraguan dan kegelapan. #Islib

16. Menurut landasan kedua ini, mengikuti Qur’an dan Sunnah saja akan melumpuhkan Islam.¬†#Islib

17. Sedangkan solusi yg mrk tawarkan adalah mengikuti semangat religio etik, yg tdk jelas batasannya spt apa. #Islib

18. Pdhal, batasan kebenaran di masing2 agama jelas berbeda2. Sangat mungkin JIL mengambil ajaran dr luar Islam. #Islib

19. Mengenai hal ini, sudah tdk ditutup2i lagi. Banyak aktifis #Islib yg mengaku mengambil ajaran dr luar Islam.

20. Landasan ketiga adalah mempercayai kebenaran yang relatif, terbuka dan plural. #Islib

21. Relativisme adalah ideologi yg kontroversial, bahkan dianggap aneh oleh sebagian org. #Islib

22. Relativisme membuat org senantiasa merasa tidak pasti, sehingga selalu kebingungan. #Islib

23. Relativisme jg memberi kesan seolah2 manusia tidak pernah tahu apa itu kebenaran. #Islib

24. Ini, tentu saja, sangat kontradiktif dengan pemujaan #Islib thd akal. Bahkan wahyu pun dikorbankan.

25. Jadi, dlm hal mengubur wahyu, #Islib sangat memuja akal. Namun ketika mrk dikritik, mrk bilang akal itu relatif.

26. Ketika org menyampaikan pendapat, mrk tuduh klaim kebenaran. Pdhal relativisme itu jg sebuah klaim kebenaran. #Islib

27. Dgn kata lain, relativisme itu sendiri adalah absolutisme terselubung. #Islib

28. Tdk jauh beda dgn para pemimpin negara komunis. Rakyat disuruh prihatin, mrk sendiri hidup bagai raja. Itulah #Islib.

29. Landasan keempat adalah memihak pada yang minoritas dan tertindas. #Islib

30. Landasan keempat ini, dlm konteks Indonesia, menjelaskan mengapa #Islib tak pernah memihak pd Islam. Krn mayoritas.

31. Di sisi lain, relativitas nilai dan kekaburan agama yg mrk tumbuhkan jg membuat rancu definisi “tertindas”.¬†#Islib

32. Sbg contoh, apakah Ahmadiyah itu tertindas krn dilarang, atau Islam yg tertindas krn dipaksa mengakui Ahmadiyah? #Islib

33. Jawaban atas pertanyaan ini sangat ditentukan oleh sistem nilai yg kita pegang. #Islib

34. Jika berpegang pd Qur’an dan Sunnah, maka Ahmadiyah-lah yg telah menodai ajaran Islam. Islam ditindas.¬†#Islib

35. Namun jika berpegang pd hal2 lain, misalnya kebebasan tanpa batasan, maka Ahmadiyah-lah yg dibilang tertindas. #Islib

36. Tentu saja, kita sudah tahu sistem nilai yg dipegang oleh #Islib, yaitu relativisme. Jd jelas mrk akan bela Ahmadiyah.

37. Kita dpt melihat dgn jelas betapa penilaian baik dan buruk, benar dan salah itu tdk selalu universal. #Islib

38. Sistem nilai yg kita yakini, terutama agama, akan menentukan cara kita membedakan benar dan salah. #Islib

39. Dlm hal ini, krn sdh membuat sistem nilai yg dianggap superior drpd Islam, maka #Islib bisa disebut sbg agama baru.

40. Landasan kelima lbh memperjelas ideologi #Islib : meyakini kebebasan beragama.

41. Ada dua poin yg digunakan dlm menjelaskan landasan kelima ini, sbgmn bs dibaca pd situs resmi JIL. #Islib

42. Pertama, beragama maupun tidak beragama adalah hak seluruh manusia. #Islib sepenuhnya mendukung atheisme.

43. Kedua, #Islib tdk mendukung persekusi atas dasar kepercayaan.

44. Definisi “persekusi” ini pun menjadi ‘pasal karet’, krn tergantung sistem nilai yg kita pegang.#Islib

45. Hukuman mati bisa dianggap solusi yg baik, namun ada jg yg bilang melanggar HAM. Krn beda nilai. #Islib

46. Dgn demikian, hukum yg ditegakkan oleh syariat bisa saja dianggap sbg persekusi, krn dasarnya keyakinan. #Islib

47. Inilah wajah asli sekuler yg sudah sering saya bahas: anti segala sesuatu yg berbau agama.#Islib

48. Gagasan apa pun, secemerlang apa pun, jika dari agama atau keyakinan, maka hrs ditolak.#Islib

49. Landasan keenam adalah memisahkan otoritas duniawi dan ukhrawi, otoritas keagamaan dan politik. #Islib

50. Landasan terakhir ini adalah esensi paling jelas dari ideologi sekularisme, sebuah ideologi yg penuh dualisme. #Islib

51. Apa makna dr pemisahan otoritas duniawi dan ukhrawi? Apakah Tuhan tdk punya otoritas di dunia? #Islib

52. Pdhal, dlm Islam dan agama2 lainnya, apa yg kita perbuat di dunia berimplikasi di akhirat. #Islib

53. Jika di dunia Tuhan tdk punya otoritas, lantas apa bahan pertimbangan utk di akhirat kelak?#Islib

54. Islam tdk mengenal dualisme tsb. Dunia adalah lahan mencari bekal utk di akhirat. #Islib

55. Di dunia beribadah kpd Allah, di akhirat hidup di surga-Nya dlm keridhaan-Nya. Itulah esensi hidup mnrt Islam. #Islib

56. Tentu saja, landasan berpikir #Islib ini menjadi kontradiktif dan tumpang tindih. Konsep akhirat hrs mrk perhitungkan.

57. Oleh krn itu, mrk pun menciptakan ‘rekayasa’ berikutnya, yaitu membangun konsep akhiratnya sendiri.¬†#Islib

58. Misalnya, mrk beretorika bhw kalau hanya umat Islam yg di surga, maka kita akan kesepian di dlmnya. #Islib

59. Mrk jg berkhayal bhw surga memiliki banyak pintu, dan masing2 umat agak masuk melalui pintu agamanya msg2. #Islib

60. Imajinasi semacam ini sdh pasti tdk sejalan dgn Qur’an dan Sunnah. Semua dpt menilai dgn mudah.¬†#Islib

61. Konsep kesepian tdk pernah ada dlm konteks penghuni surga. Tdk ada penghuni surga yg kesepian. #Islib

62. Jgnkan kesepian, bahkan penghuni surga tak merasa sedih melihat nasib para penghuni neraka. (QS 7:44) #Islib

63. Ini krn Allah telah mencabut perasaan tdk nyaman dr hati mrk, dan mrk selalu ridha dgn ketetapan Allah. #Islib

64. Simaklah QS 7:50, ketika pr penghuni neraka meminta air, dan penghuni surga menolak permintaannya. #Islib

65. Alasannya? Krn Allah telah mengharamkannya bagi para penghuni neraka. #Islib

66. Dari segala segi, landasan berpikir ala¬†#Islib senantiasa bertentangan dgn Qur’an dan Sunnah.

67. Krn itu, salah satu modus operandi mrk adalah melakukan penyerangan thd kedua referensi umat Islam tsb. #Islib

68. Dlm hal ini, para aktivis #Islib senantiasa mengulang2 teori2 kaum orientalis. Tidak pernah ada yg baru.

69. Walaupun mrk selalu menyebut dirinya “pembaharu”, namun gagasan2 mrk sebenarnya sudah berusia ratusan tahun.¬†#Islib

70. Terminologi yg mrk gunakan skrg tdk ada bedanya dgn gagasan2 Soekarno sejak th 1930-an.#Islib

71. Ketika itu Soekarno mencela para ulama fiqih, memuji sekularisme, memuja akal, dan seterusnya. #Islib

72. Dahulu Soekarno didebat keras oleh Moh. Natsir. Anehnya, argumen2 yg sama masih diulang2 hingga kini. #Islib

73. Dulu Soekarno mengutip buku Ali Abdurraziq, kemudian Nurcholish Madjid mengulanginya.#Islib

74. Sampai skrg pun masih ada aktivis #Islib yg mengutip pemikiran Ali Abdurraziq tsb. Tidak ada kemajuan.

75. Ada jg aktivis muda #Islib yg mendiskreditkan hadits dgn teori2 Joseph Schact, Goldziher, Margoliouth dll. #Islib

76. Pdhal teori2 tsb sdh dibantah tuntas oleh Syaikh al-A’zhami. Dgn sampai skrg blm ada yg membantah balik.¬†#Islib

77. Jgn heran kalau di toko2 buku terkemuka tiba2 ketemu buku Joseph Schacht. Berkat lobi siapa? #Islib

78. Pemikiran2 #Islib, krn tdk punya landasan yg kuat (krn selalu relatif), maka akan selalu rapuh.

79. Itulah sebabnya kita jarang sekali menemukan buku2 karya mrk yg BUKAN kumpulan artikel.#Islib

80. Jgn buru2 kagum dgn buku2 karya Nurcholish Madjid atau Gus Dur yg tebal2. Kebanyakan kumpulan artikel. #Islib

81. Dlm buku #ArsitekPeradaban, @anismatta jgn menyindir org yg menyebut dirinya cendekiawan stlh menulis 1 buku saja. #Islib

82. Pdhal, buku itu adalah kumpulan tulisannya selama 10 tahun. #Islib

83. Itulah #Islib. Pemikirannya penuh dgn inkonsistensi. Konsep2 mrk berserak bagai daun gugur.

84. Oleh krn itu, rekayasa yg mrk lakukan pun senantiasa berkembang. Mrk selalu cari ‘celah’ baru.#Islib

85. Jgn bandingkan dgn Islam yg memang kokoh sejak dulu, tdk plintat-plintut. #Islib

86. Skrg, #Islib jg mulai memasuki ranah politik. Para aktivisnya ramai2 menyeberang ke berbagai partai.

87. Krn pegangannya tdk kukuh, maka hingga detik ini pun definisi Islam liberal msh blm jelas.#Islib

88. Orang utan bkn orang, buaya darat bkn buaya. Islam liberal sdh jelas jatidirinya. #Islib

89. Marilah berpegang teguh pd tali Allah dan jgn bercerai-berai. Pegang teguhlah Qur’an dan Sunnah, insya Allah aman dr¬†#Islib

Jika ada pertanyaan silakan langsung saja hubungi yang bersangkutan, Akmal. Terima kasih.


Update, 9 Maret 2011

01. Kemarin ada @richieoct berusaha mendebat kultwit #Islib saya. Sayang kmrn sy sudah mau pulang, jd tdk dilayani.

02. Masih dlm rangka ‘menyambut’ ultah JIL, mari kita lanjutkan kultwit¬†#Islib. Kita jadikan@richieoct
sbg studi kasus.

03. Poin pertama yg dikatakan oleh @richieoct adalah bahwa saya ini golongan puritan nan tekstual. #Islib

04. Adakah yg baru dr tuduhan ini? Sama sekali tdk! Sudah saya bahas di subbab pertama dlm Bab 3 #IslamLiberal101. #Islib

05. Salah satu modus operandi #Islib adalah bermain istilah. Mrk terbiasa memberi sebutan macam2 pd org lain dan dirinya.

06. Ini adalah warisan Barat, yg menggolongkan Islam dlm dua kelompok besar: kooperatif dan non-kooperatif. #Islib

07. Yg kooperatif akan diberi predikat moderat, progresif, kontemporer, kontekstualis, emansipatoris, dst. #Islib

08. Yg tdk kooperatif, tentu saja, diberi predikat2 buruk spt fundamentalis, radikalis, konservatif, literalis dll. #Islib

09. Tidaklah mengejutkan jika yg pertama kali dilakukan oleh @richieoct adalah memberi cap puritan-tekstual kpd saya. #Islib

10. Dgn mengatakan puritan, saya dikesankan kuno. Dgn cap tekstual, seolah2 saya tdk tahu konteks. #Islib

11. Mrk yg tdk kritis akan langsung menerima penamaan tsb dan langsung percaya, meski@richieoct tak pernah memberi argumen. #Islib

12. Hal kedua yg dikatakannya adalah bhw sy terlalu fokus pd ibadah utk akhirat dgn mengesampingkan hukum2 sosial. #Islib

13. Bagi kaum #Islib, hukum sosial mmg harus didewakan. Tapi justru itulah sumber masalahnya.

14. Sebab, hukum sosial senantiasa berkembang. Sebab murni buatan manusia. Tidak pernah kokoh, persis pemikiran #Islib.

15. Sesuatu yg tdk layak di masa lalu bisa jadi dibilang layak sekarang. Inilah sistem nilai #Islib yg tdk pasti.

16. Cara berpikir ini bersumber dr sekularisme itu sendiri, yg menganggap umat manusia berkembang terus dr segala segi. #Islib

17. Sekilas kelihatannya pemikiran ini baik2 saja, tapi ada kesalahan fatalnya. #Islib

18. Di Eropa, sekularisme menghantam agama Kristen dgn cara pandang evolutif spt ini. #Islib

19. Sederhananya, org2 sekuler menganggap bhw umat ketika Bibel diturunkan masih “kanak-kanak”, belum “dewasa”.¬†#Islib

20. Krn masih “kanak2”, jadi umat di masa lalu itu dianggap tdk memahami makna wahyu yg sesungguhnya.¬†#Islib

21. Oleh krn itu, umat masa kini yg merasa sdh “dewasa” mengklaim dirinya lbh tahu drpd generasi lalu.¬†#Islib

22. Dlm Islam, hal ini dibatasi dgn ketat oleh pribadi Rasulullah saw. Tak boleh ada yg mengaku lbh tahu drpd beliau. #Islib

23. Rasulullah saw. naik unta, kita boleh pakai mobil. Tapi adab bepergian tetap sama. Hal2 tsb tak boleh diubah. #Islib

24. Arsitektur masjid boleh berubah, tp cara shalat tidak boleh berubah. Ini contoh lainnya. #Islib

25. Kembali pd hukum2 sosial, acuannya apa? Seorang Muslim haruslah berpegang pada Qur’an dan Sunnah.¬†#Islib

26. Dgn berpegang pd Qur’an dan Sunnah, bkn berarti umat lain disakiti. Justru Qur’an dan Sunnah melarangnya.¬†#Islib

27. Akan tetapi, Qur’an dan Sunnah pula yg mengajarkan pd kita batasan2 antara ‘beda agama’, ‘beda penafsiran’ dan ‘penodaan’.¬†#Islib

28. Poin ketiga yg diangkat oleh @richieoct adalah bhw kultwit sy penuh prasangka, sedangkan JIL lebih santun. #Islib

29. Utk yg satu ini, sy tidak perlu berargumen panjang. Sebab bagian mana yg prasangka jg tdk dijelaskan. #Islib

30. Pdhal, yg saya jelaskan kemarin bersumber dari situs2 JIL sendiri. Bagian mana yg prasangka?#Islib

31. Nah, soal kebiasaan asbun ini jg sudah sy jelaskan di akhir Bab 3 dlm¬†#IslamLiberal101. ūüôā#Islib

32. Poin keempat bentuknya pertanyaan. Apakah sy mendukung kekerasan pd Ahmadiyah? Apa sikap saya? #Islib

33. Yg sering mengikuti kultwit sy pasti tahu bgmn sikap saya. Sy tdk mendukung kekerasan pd Ahmadiyah. #Islib

34. Sy mengikuti pendapat Buya Hamka. Ahmadiyah jelas kafir, tp sebaiknya kita pergauli dgn baik. #Islib

35. Di balik pertanyaan2 tsb, kita bisa melihat betapa @richieoct sdh menjadi korban media sekuler. #Islib

36. Ttg kekerasan thd Ahmadiyah di Cikeusik, sampai skrg masih simpang siur. Ada kemungkinan hanya pencitraan. #Islib

37. Jadi, jgn buru2 menuduh org yg mengatakan Ahmadiyah itu sesat pasti hendak melakukan kekerasan. #Islib

38. Di Twitter, begitu insiden Cikeusik terdengar media, langsung ada tuduhan bhw pelakunya adalah FPI. #Islib

39. Siapa yg ngotot menuduh demikian sampai detik ini? Kader2 #Islib adalah sebagian diantaranya.

40. Dlm Islam, fitnah itu dosa yg sangat serius. Tdk boleh asal menuduh dulu, ralat kemudian. #Islib

41. Kebiasaan¬†#Islib melakukan tuduhan palsu jg saya bahas di Bab 3¬†#IslamLiberal101. ūüôā¬†#Islib

42. Pertanyaan¬†@richieoct langsung ‘mentah’ krn setelah itu dia benar2 menuduh saya membenarkan kekerasan.¬†#Islib

43. Thd tuduhan tsb, saya adukan permasalahannya kepada Allah Yang Maha Adil, yg takkan menzalimi manusia. #Islib

44. Klaim terakhir¬†@richieoct adalah bhw tulisan2 sy mengesankan Islam itu fasis, bukan rahmatan lil ‘aalamiin.¬†#Islib

45. Inilah akibat dr cara berpikir yg parsial (dan diparsial-parsialkan) sbgmn kebiasaan #Islib.

46. Rahmatan lil ‘aalamiin tak boleh dibenturkan dgn ghirah (kecemburuan).¬†#Islib

47. Jika umat Islam diam saja nama agamanya diambil oleh org2 kafir (spt Ahmadiyah), itu bukan rahmatan lil ‘alamin.¬†#Islib

48. Identitas adalah masalah yg sangat penting. Tdk bisa smua org mengaku warga RI. Apalagi mengaku Nabinya umat Islam. #Islib

49. Disebut penodaan agama, krn umat Islam merasa agamanya dinodai oleh pribadi Ghulam Ahmad al-Qadiani. #Islib

50. Rasulullah saw. adalah pribadi membanggakan, kita ridha menjadi bagian dari umatnya. #Islib

51. Apa yg dimiliki Ghulam Ahmad, sehingga ia bisa2nya mengaku sbg nabi umat Islam? Sudikah kita? #Islib

52. Bagaimana jika anak perempuan kita menikah dgn org yg KTPnya Islam, pdhal ternyata Ahmadiyah? Sudikah? #Islib

53. Di Manado pernah ada aliran Kristen yg dianggap sesat, pdhal kesesatannya cuma menampar2 jemaatnya. #Islib

54. Kita mendukung sikap umat Kristen tsb. Biarkanlah umat Islam memelihara kebanggaannya sbg Muslim. #Islib

55. Janganlah menistakan syariat Rasulullah saw. lalu mengaku2 Muslim. Jgn pula liberal tapi menggunakan nama Islam. #Islib

56. Dari kasus @richieoct, kita mendapat pelajaran penting ttg modus operandi #Islib. Silakan baca#IslamLiberal101 utk lbh jelasnya.

57. Dr kasus ini jg kt dpt melihat betapa cara berpikir #Islib itu begitu parsial, terbelah2, tdk padu dan rapuh. #Islib

58. Islam, sebaliknya, adalah sistem yg terjalin rapi. Konsep yg satu mengikat konsep lainnya. Acuan hidupnya ada: Rasulullah saw. #Islib

59. Marilah berpegang pada tali Allah yg kokoh. Tinggalkan #Islib dgn segala kerapuhannya

Sekian, semoga bermanfaat bagi kita semua ūüôā

Iklan